Kamis, 18 Mei 2017

Borland C++



BORLAND C ++
Contoh 1-2 :
#include <conio.h>
#include <dos.h>
#include <stdlib.h>
#define VIDEO_INT 0x10  // BIOS Video Interrupt


int main(void)

{

union REGS in, out;   // Deklarasi variabel


in.h.ah = 0x09;       // AH = 9 heksadesimal
in.h.al = 'E';        // AL = 41 heksadesimal, huruf A
in.h.bh = 0x00;     // BH = 0, halaman video
in.h.bl = 0x09;       // BL = 9, warna huruf dan dasar
in.h.ch = 0x00;       // CH dan CL menentukan banyak
in.h.cl = 0x05;       // huruf yang akan dicetak

clrscr();

int86(VIDEO_INT, &in, &out);

getch();


return EXIT_SUCCESS;
]

Contoh 3-4:
#include <conio.h>
#include <dos.h>
#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>

#define VIDEO_INT 0x10         //Nonor Interupsi 10h
#define UCHAR unsigned char

void setMode(UCHAR mode);       //Deklarasi Fungsi untuk
                             //Mengubah mode VIDEO
int main(void)
{
 printf("Tekan ENTER untuk mengubah gerakan. . .\n");
  getch();
setMode(0x20);                //Ubah mode video
printf("Mode 02 heksadesimal.\n");  // Informasi
printf("Tekan Enter Untuk Kembali Ke Gerakan Normal. . .");
getch();
setMode(0x20);               // Kembali ke mode normal
printf("*Gerakan Normal*\n");
getch();
return EXIT_SUCCESS;
}
void setMode(UCHAR mode)
{
union REGS in, out;          // Deklarasi variabel
in.h.ah = 0x09;              // Register AH = 0
in.h.al = mode;              // Register AL = mode
int86(VIDEO_INT, &in, &out);    // Jalankan interupsi
return;
}
Contoh 5:
#include <conio.h>
#include <dos.h>
#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>

#define VIDEO_INT 0x10

void getMode(union REGS *reg);

int main(void)
{
union REGS layar;

getMode(&layar);

printf("Informasi Layar\n");
printf("Banyak kolom\t\t: %d\n", layar.h.ah);
printf("Nomor mode\t\t: %0x\n", layar.h.al);
printf("Halaman tampilan\t: %d\n", layar.h.bh);

getch();

return EXIT_SUCCESS;
}
void getMode(union REGS *reg)
{
union REGS *in;
in->h.ah = 0x19;
int86(VIDEO_INT, in, reg);
return;
}
Contoh 6:
#include <conio.h>
#include <dos.h>
#include <stdlib.h>

#define VIDEO_INT 0x10
#define UCHAR unsigned char
void getCursorPos(UCHAR *y, UCHAR *x);
void setCursorPos(UCHAR y, UCHAR x);
void writeChar(UCHAR letter, UCHAR attr);

int main(void)
{
UCHAR baris, kolom;

getCursorPos(&baris, &kolom);  // Baca posisi kursur
writeChar('1', 0x6f);          // Cetak huruf 1
setCursorPos(baris, ++kolom);  // Pindahkan kursor
writeChar('3', 0x6f);          // Cetak huruf 3
setCursorPos(baris, ++kolom);  // Pindahkan kursor
writeChar('1', 0x6f);          // Cetak huruf 1
setCursorPos(baris, ++kolom);  // Pindahkan kursor
writeChar('6', 0x6f);          // Cetak huruf 6
setCursorPos(baris, ++kolom);  // Pindahkan kursor
writeChar('1', 0x6f);          // Cetak huruf 1
setCursorPos(baris, ++kolom);  // Pindahkan kursor
writeChar('1', 0x6f);          // Cetak huruf 1
setCursorPos(baris, ++kolom);  // Pindahkan kursor
writeChar('3', 0x6f);          // Cetak huruf 3
setCursorPos(baris, ++kolom);  // Pindahkan kursor
writeChar('9', 0x6f);          // Cetak huruf 9
getch();
return EXIT_SUCCESS;
}
void getCursorPos(UCHAR *y, UCHAR *x)  // Baca posisi
{                                      // kursor
UCHAR row, col;
asm mov ah, 0x03;     // Register AH = 3 heksadesimal
asm mov bh, 0x00;     // Register BH = 0 heksadesimal
asm int VIDEO_INT;    // Lakukan interupsi
asm mov row, dh;      // Salin register DH ke row
asm mov col, dl;      // Salin register DL ke col
*y = row; *x = col;
// Salin row ke y, col ke x
return;
}
void setCursorPos(UCHAR y, UCHAR x)  // Memindahkan
{                                    // Posisi kursor
asm mov ah, 0x02;   // Register AH = 3 heksadesimal
asm mov bh, 0x00;   // Register BH = 0 heksadesimal
asm mov dh, y;      // Register DH = letak baris
asm mov dl, x;      // Register DL = letak kolom
asm int VIDEO_INT;  // Lakukan interupsi
return;
}
void writeChar(UCHAR letter, UCHAR attr)  // Mencetak
{                                         // huruf
asm mov ah, 0x09;    // Register AH = 9 heksadesimal
asm mov al, letter;  // Register AL = hurufnya
asm mov bh, 0x00;    // Register BH = 0 heksadesimal
asm mov bl, attr;    // Register BL = warna huruf
asm mov ch, 0x00;    // Register CH dan CL menentukan
asm mov cl, 0x01;    // banyak pencetakan
asm int VIDEO_INT;   // Lakukan interupsi
return;
}


Contoh 7:
#include <conio.h>
#include <dos.h>
#include <stdlib.h>

#define VIDEO_INT 0x10
#define UCHAR unsigned char

void getCursorPos(UCHAR *y, UCHAR *x);
void setCursorPos(UCHAR y, UCHAR x);
void writeChar(UCHAR letter, UCHAR attr);
void writeString(UCHAR *str, UCHAR attr);

int main(void)
{
UCHAR baris, kolom;
getCursorPos(&baris, &kolom);   // Baca posisi kursor
writeChar('>', 0x5f);           // Cetak karakter >

setCursorPos(baris, ++kolom);   // Pindahkan kursor
writeString(" 13161139 ", 0x9f);
getCursorPos(&baris, &kolom);
setCursorPos(baris, ++kolom);
writeChar('<', 0x5f);           // Cetak karakter <
setCursorPos(baris, ++kolom);   // Pindahkan kursor
getch();
return EXIT_SUCCESS;

}

void getCursorPos(UCHAR *y, UCHAR *x)  // Baca posisi

{                                      // kursor

UCHAR row, col;

asm mov ah, 0x03;     // Register AH = 3 heksadesimal
asm mov bh, 0x00;     // Register BH = 0 heksadesimal
asm int VIDEO_INT;    // Lakukan interupsi
asm mov row, dh;      // Salin register DH ke row
asm mov col, dl;      // Salin register DL ke col

*y = row; *x = col;   // Salin row ke y, col ke x

return;
}
void setCursorPos(UCHAR y, UCHAR x)  // Memindahkan
{                                    // Posisi kursor
asm mov ah, 0x02;   // Register AH = 3 heksadesimal
asm mov bh, 0x00;   // Register BH = 0 heksadesimal
asm mov dh, y;      // Register DH = letak baris
asm mov dl, x; // Register DL = letak kolom
asm int VIDEO_INT;  // Lakukan interupsi

return;

}

void writeChar(UCHAR letter, UCHAR attr)  // Mencetak

{                                         // huruf
asm mov ah, 0x09;    // Register AH = 9 heksadesimal
asm mov al, letter;  // Register AL = hurufnya
asm mov bh, 0x00;    // Register BH = 0 heksadesimal
asm mov bl, attr;    // Register BL = warna huruf
asm mov ch, 0x00;    // Register CH dan CL menentukan
asm mov cl, 0x01;    // banyak pencetakan
asm int VIDEO_INT;   // Lakukan interupsi

return;
}

void writeString(UCHAR *str, UCHAR attr)  // Mencetak
{                                         // string
UCHAR x, y;
getCursorPos(&y,&x);       // Simpan posisi kursor

for (; *str != '\0'; str++) // Loop sampai ditemukan
{                           // NULL
if (x > 79)
{                         // Jika sudah sampai kolom
y++; x = 0;             // ke-80, pindah baris dan
}                         // pindah ke kolom ke-1

setCursorPos(y, x++);     // Pindahkan posisi kursor
writeChar(*str, attr);    // Cetak per karakter
}

return;
}


Contoh 8:
#include <conio.h>
#include <dos.h>
#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>

#define VIDEO_INT 0x10         // Nomor interupsi video
#define UCHAR unsigned char    // Tipe data UCHAR

UCHAR getCharAttr(UCHAR *attr);

int main(void)

{

UCHAR huruf, warna;

clrscr();                       // Bersihkan layar
gotoxy(10, 10); textcolor(20);   // Warna karakter
textbackground(1);              // Warna dasar karakter
cprintf(" ENRIQUE GERARD ");     // Cetak string
gotoxy(11, 10);                  // Pindah posisi kursor

huruf = getCharAttr(&warna);    // Baca nilai karakter
                                            // dan atributnya
gotoxy(1, 7);
printf("Karakter pada baris 5 kolom 13: %c\n", huruf);
printf("Warna\\atribut dari karakter  : %#x\n", warna);
getch();

return EXIT_SUCCESS;
}

UCHAR getCharAttr(UCHAR *attr) // Fungsi untuk membaca

{                              // karakter dan atributnya

union REGS in, out;          // pada posisi kursor


in.h.ah = 0x08;              // AH = 8 heksadesimal
in.h.bh = 0x00;              // BH = 0, halaman layar
int86(VIDEO_INT, &in, &out); // Lakukan interupsi

*attr = out.h.ah;    // Salin nilai AH di attr

return out.h.al;         // Kembalikan nilai AL

}

Contoh 9:
#include <conio.h>
#include <dos.h>
#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>

#define VIDEO_INT 0x10
#define UCHAR unsigned char

void setMode(UCHAR mode);
void getCursorPos(UCHAR *y, UCHAR *x);
void setCursorPos(UCHAR y, UCHAR x);
void writeChar(UCHAR letter, UCHAR attr);
void writeString(UCHAR *str, UCHAR attr);
int main(void)
{
UCHAR baris, kolom;
UCHAR pilih;

setMode(3);
setCursorPos(4, 4); writeChar(213, 0x17);
setCursorPos(4, 74); writeChar(184, 0x17);
setCursorPos(20, 4); writeChar(192, 0x17);
setCursorPos(20, 74); writeChar(217, 0x17);

for (baris = 5; baris < 20; baris++)
{
setCursorPos(baris, 4); writeChar(179, 0x17);
setCursorPos(baris, 74); writeChar(179, 0x17);
}

for (kolom = 5; kolom < 74; kolom++)
{
setCursorPos(4, kolom); writeChar(205, 0x17);
setCursorPos(20, kolom); writeChar(196, 0x17);
}
setCursorPos(4, 5); writeChar(181, 0x17);
setCursorPos(4, 6);
writeString("ENRIKO GERARDIUS 13161139", 0x8f);
setCursorPos(4, 55); writeChar(198, 0x17);
for (baris = 20; baris < 20; baris++)
{
for (kolom = 20; kolom < 74; kolom++)
{
setCursorPos(baris, kolom);
writeChar(0x10, 0x1e);
}

}
setCursorPos(19, 47);
writeString("Akhiri program (Y/T)? [   ]", 0x5e);

for (;;)
{
setCursorPos(19, 71);
pilih = getch();
writeChar(pilih, 0x1e);
if ((pilih == 'Y') || (pilih == 'y'))
break;
}
return EXIT_SUCCESS;
}
void setMode(UCHAR mode)  // Mengubah mode
{                         // tampilan layar
asm mov ah, 0x00;       // Register AH = 0
asm mov al, mode;       // Register AL = mode
asm int VIDEO_INT       // Lakukan interupsi
return;
}
void getCursorPos(UCHAR *y, UCHAR *x)  // Baca posisi 20
{                                   // kursor
UCHAR row, col;
asm mov ah, 0x03;    // Register AH = 3 heksadesimal
asm mov bh, 0x00;    // Register BH = 0 heksadesimal
asm int VIDEO_INT;   // Lakukan interupsi
asm mov row, dh;     // Salin register DH ke row
asm mov col, dl;     // Salin register DL ke col
*y = row; *x = col;  // Salin row ke y, col ke x

return;
}
void setCursorPos(UCHAR y, UCHAR x)  // Memindahkan
{                                    // Posisi kursor
asm mov ah, 0x02;   // Register AH = 3 heksadesimal
asm mov bh, 0x00;   // Register BH = 0 heksadesimal
asm mov dh, y;      // Register DH = letak baris
asm mov dl, x;      // Register DL = letak kolom
asm int VIDEO_INT;  // Lakukan interupsi

return;
}

void writeChar(UCHAR letter, UCHAR attr)  // Mencetak
{                                         // huruf
asm mov ah, 0x09;    // Register AH = 9 heksadesimal
asm mov al, letter;  // Register AL = hurufnya
asm mov bh, 0x00;    // Register BH = 0 heksadesimal
asm mov bl, attr;    // Register BL = warna huruf
asm mov ch, 0x00;    // Register CH dan CL menentukan
asm mov cl, 0x01;    // banyak pencetakan
asm int VIDEO_INT;   // Lakukan interupsi

return;
}
void writeString(UCHAR *str, UCHAR attr)  // Mencetak
{                                         // string
UCHAR x, y;
getCursorPos(&y, &x);       // Simpan posisi kursor

for (; *str != '\0'; str++) // Loop sampai ditemukan
{                           // NULL
if (x > 79)
{                         // Jika sudah sampai kolom
y++; x = 0;             // ke-80, pindah baris dan
}                         // pindah ke kolom ke-1

setCursorPos(y, x++);     // Pindahkan posisi kursor
writeChar(*str, attr);    // Cetak per karakter
}
return;
}

Contoh 10:

#include <dos.h>
#include <stdlib.h>
#include "screen.cpp" // Header screen.cpp

int main(void)
{
UCHAR i, j;
Screen *layar = new Screen();

layar->setAttribute(0x9f);
layar->setActivePage(0);
layar->writeString("13161139");
layar->setAttribute(0xcf);
layar->setActivePage(1);
layar->writeString("Enriko Gerardius");

for (i = 1; i < 11; i++)
{
j = i % 2;
layar->setVisualPage(j);
delay(2000);
}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Jaringan Komputer IV

TUGAS JARINGAN KOMPUTER IV Resume Pertemuan 1 – 13   Pengertian dari jaringan computer adalah :          Jaringan computer adal...